Translate

Aksi Solidaritas - Aljabar Beri Dukungan Moral Untuk Sondang

Oleh: Sindo



Wednesday, 14 December 2011

BANDUNG– Sekitar 100 orang yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Jawa Barat (Aljabar) mengheningkan cipta bagi Sondang Hutagalung,aktivis HAM yang tewas karena aksi bakar diri di depan Istana Negara,Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Aksi ini adalah bentuk dukungan kami terhadap Sondang dan mereka yang tewas karena menjadi korban HAM,” ucap juru bicara Aljabar, Dadan Hamdan,di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, kemarin. Menurut dia, aksi bunuh diri yang dilakukan Sondang Hutagalung tidak jauh beda dengan aksi yang dilakukan Soe Hoek Gie.

Hanya saja, Soe Hoek Gie meninggalkan pesan tertulis, sehingga masyarakat bisa mengapresiasi isi fikiran dan gagasan-gagasan yang hendak disampaikan Soe Hok Gie. “Soe Hok Gie meninggalkan pesan tertulis bagi kita semua,” tegas Dadan. Usai melakukan aksi mengheningkan cipta, massa Aljabar dengan mengenakan ikat kepala merah,kemudian membacakan sepuluh Maklumat Rakyat Jawa Barat.

Maklumat ini merupakan pernyataan sikap warga korban banjir Cienteung Kabupaten Bandung, AGRA Jabar, LBH Bandung, serta kelompk lainnya. Kesepuluh maklumat itu, lanjut dia, berisi tentang perjuangan warga demi memperoleh hak-haknya baik atas pendidikan, kesehatan hingga lingkungan. Isi maklumat lainnya adalah tuntutan soal penyelesasian kasus pelanggaran HAM seperti perdagangan manusia, sengketa tanah, pengrusakan alam dan lingkungan hidup di Jawa Barat.

“Dalam praktiknya, ditemukan beberapa kasus yang melanggar HAM seperti kasus sengketa ruang di kawasan Bandung utara (KBU) antara warga Punclut dengan Ciputra, warga Ciosa dengan PT Bandung Pakar,juga soal pengrusakan hutan oleh PT CGI di kawasan hutan konversi.Juga kasus yang menimpa warga Ibun (Kabupaten Bandung) yang ditangkap dan diadili hanya garagara mengambil kayu bakar,” ungkap Dadan.

Maka,tegas dia,Aljabar menuntut aparatus negara agar menjamin perlindungan, keselamatan, keamanan,dan kemakmuran kehidupan kaum tani,buruh tani,buruh imigran,keluarga, ibu dan anak,serta sejumlah elemen masyarakat lainnya. _atep abdillah kurniawan

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/451601/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 Berkawan untuk MelawanTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.